Loading

Pembahasan Mengenai model OSI 7 Layer

Pembahasan Model OSI 7 Layer

Pada dasarnya OSI itu di ciptakan untuk Menyatukan perbedaan antar format protocol yang berbeda-beda. OSI juga di ciptakan untuk menyatukan komputer antar vendor.
International Organization for Standardization (ISO) membuat suatu arsitektur komunikasi yang dikenal sebagai Open System Interconnection (OSI).

Singkat Cerita Model OSI di bagi Manjadi 7 Lapisan, silahkan  Lihat di bawah ini :



1.       Application Layer
Layer Applikasi adalah dimana user pengguna berinteraksi dengan komputer.
Layar ini hanya berperan untuk acces ke Networ. Sebagai contoh IE. Layer applikasibertanggung jawab untuk mengidintifikasi dan memastikan keberadaan partner komunikasi yang di tuju.
Protocol : WWW, Email Gateway, EDI ( electronic data interchage ), special interest bulletin board, utility navigation internet, Layanan transaksi financial.

2.       Persentasi Layer
 Layer Presentasi Pada Osi berfungsi untu menyajikan data ke layer applikasi dan bertanggung jawab pada penerjemah data dan format kode program. Layar ini pada dasarnya adalah penerjemah dan melakukan fungsi pengkodean dan konversi.  Tehnik transfer yang berhasil akan beradaptasi dengan format standar.
Protocol : PICT, TIFF, JPEG,MIDI,MPEG,Quick time, RTF.

3.       Session layer
 Sesion Layer berfungsi  mengelola kemudian memutuskan session-sesion antar layer presentasi. Sesion Layer juga menyediakan node, ia  melakukan koordinasi antar komunikasi sistem dan mengorgasinansi  dengan  melewati 3 metode : simple, Full-Duplex, Half-Duplex. Kesimpulannya Sesion Layer menjaga terpisahnya data dari aplikasi yang satu dengan yang satunya lagi.
Protocol : NFS, SQL,RPC,X windows,ASP. DNA, SCP.

4.       Layer Transport.
 Melakukan segmentasi dan menyatukan kembali data yang tersegmentasi menjadi sebuah arus data. Layer transper menyediakan layanan multiplexing ( multiplexing adl Tehnik untuk mengirimkan atau menerima beberapa jenis data yang berbeda sekaligus pada saat bersamaan melalui hanya media network saja ).
Protocol : TCP /IP  dan UDP

5.       Network Layer
Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3.
Protocol : Router, Switch layer 3


6.       Data Link
Menyediakan tranmissi  fisik dari data dan menangani notification error, topologi jaringan dan flow control. Layar ini melakukan pemecahan Pesan yang di sebut data frame .
Protocol : MAC, Swith, LLC 802.2  


7.       Physical  Layer
Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau Token Ring), topologi jaringan dan pengabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio.
Protocol : kabel , HUB


Terimakasih Sudah Menyempatkan membaca Semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar

Silahkan Pilih Menu Yg Akan Anda Kunjungi Selanjutnya !!!

Sejarah Cisco Teori Cisco Routing Cisco Switching Cisco
Dunia Komputer Dunia Bisnis Avaible Avaible
Avaible Avaible Avaible HOME
close
close